Desain
antarmuka dalam video game memang berbeda dengan user interface yang lainnya
karena user interface pada video game bersifat fiksi, dan melibatkan unsur
tambahan.
User Interface merupakan tampilan
grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user) user interface itu
sendiri berfungsi menhubungkan antara pengguna dengan system operasi, sihingga
computer dapat digunakan dan dapat melakukan interaksi. Dalam video game desain
user interface sering muncul istilah HUD, HUD itu sendiri kepanjangan dari
Heads – up display, merupakan metode dimana informasi secara visul disampaikan
kepada pemain sebagai bagian dari antarmukan pengguna permainan.
Erik
Fagerholt dan Magnus Lorentzon dalam tesisnya menulis tesis tentang desain user
interface pada video game pada Chalmers University of Technology berjudul :
Beyond HUD. Mereka memperkenalkan
istilah berbagai jenis interface yang berkaitan dengan desain video game.
Berikut Elemen – elemen berbagai user interface pada video game yang serin digunakan pada Game :
- Diegetic
User Interface yang disertakan dalam
permainan dunia secara nyata dengan menambahkan komponen visual yang realis
atau nyata dan tanpa menggunakan heads-up display (HUD), diegetic dapat dilihat
dan didengar oleh karakter permainan. Diegetic, Komponen diegetik menyediakan
pemain dengan avatar dan informasi yang nyata sehingga tidak mengganggu visual
permainan dari video game.
Ada
kalanya ketika elemen UI diegetic kurang tepat digunakan, baik karena mereka
tidak dapat pantas dalam geometri dunia permainan, atau ada kebutuhan untuk
memecahkan fiksi untuk memberikan pemain lebih banyak informasi daripada yang
seharusnya diketahui atau tidak oleh seorang karakter.
- Meta
Antarmuka
yang diberikan di luar dunia game, hanya terlihat dan terdengar ke
pemain di dunia nyata. Contoh: Desain User Interface ini walaupun ada
komponen nyata dalam memberikan informasi secara visual secara nyata
tetapi desain user interface yang dvisualisasikan masih menggunakan
heads-up display (HUD). Dalam Need for Speed: Hot Pursuit anda masih
merasa bahwa speedometer di HUD 2D adalah meta karena karakter pemain -
sopir, anda akan tahu berapa kecepatan mobil yang sedang melaju memalui
speedometer 2D tersebut.
- Spatial
User Interface yang disertakan dalam
permainan dunia dengan menambahkan komponen visual heads-up display (HUD)
sehingga ada informasi yang diberikan kepada pemain dara karakter permainan
tersebut.
Spatial UI elemen digunakan ketika ada
kebutuhan untuk memecahkan cerita dalam rangka untuk memberikan informasi lebih
kepada pemain dari karakte. Mereka masih duduk dalam geometri lingkungan
permainan untuk membantu membenamkan pemain dan mencegah mereka dari keharusan
untuk menghancurkan pengalaman dengan melompat ke layar menu. Semakin dekat ini
mengikuti aturan fiksi permainan semakin mereka dapat membantu membenamkan
pemain.
- Non-diegetik
Antarmuka yang diberikan di luar
dunia game, hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata desain
interface ini semuanya mengunakan visual heads-up display (HUD). semua menjadi
sangat nyaman dengan penggunaan heads-up display (HUD) dalam permainan. Sistem
ini memberikan informasi penting dengan cara yang cukup sederhana. Jika
dilakukan dengan benar pemain bahkan tidak tahu itu ada.
0 comments:
Posting Komentar