Interaksi
manusia dan komputer (human–computer interaction, HCI)
adalah disiplin ilmu yang
mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang
meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah
digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien
untuk merancang pesan elektronik. [1] Sedangkan
interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan
kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang
keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka
untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Sistem harus sesuai
dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai
pemakai. Ada tiga sub-bidang studi yang berhubungan dengan interaksi
dengan komputer :
Sub bidang studi interaksi manusia dengan komputer :
2.
Faktor manusia berkaitan
dengan masalah- masalah psikologis.
3.
Interaksi manusia dan komputer mengkaji
bagaimana hubungan-hubungan yang terjadi antar ilmu komputer desain terkait
dengan manusia dengan komputer bagi para perancangnya alat fisik interaksi
antarmuka komputer sering diuji, sehingga memungkinkan pertukaran informasi.
Beberapa aspek yang
menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
1.
Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan
sebuah antarmuka.
2.
Metode implementasi antarmuka.
3.
Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
4.
Pengembangan antarmuka baru.
5.
Mengembangkan sebuah deskripsi dan prediksi atau teori dari
sebuah antarmuka baru.
Contoh :Dalam
interaksi manusia dengan komputer terdapat beberapa panca indera digunakan
untuk dapat berinteraksi: Manusia mewujudkan fisiologi yang
diperlukan untuk menyerap informasi dalam bentuk suara. Sama seperti mata
dapat melihat berbagai variasi cahaya - rona, briteness, kontras - telinga
mampu penginderaan array yang
luas dari suara melalui perubahan timbre, kenyaringan, dan pitch. Pikiran kemudian dapat
mengasosiasikan suara ini dengan peristiwa, objek, atau gagasan abstrak. Paling
sering, suara-sebagai-informasi ada sebagai pidato atau musik, dan memang ini
akan terus di Interne Audio konten juga
umumnya dihasilkan oleh mesin untuk menyampaikan informasi, dan penggunaan ini
juga akan terus di Internet. Contoh: Dalam sebuah rumah sakit, suara Mengenal dari elektrokardiograf (EKG)
berbunyi 'bip' dalam irama ke jantung; pager alert wanita di sebuah sudut
jalan, telegraf memancarkan klik merata-spasi dalam kode Morse.
Semua ini adalah contoh menampilkan pendengaran, suara yang dibuat oleh sebuah
mesin dalam rangka berhubungan informasi. Di zaman ketika bahasa telah menjadi
bentuk komunikasi dominan, suara
memainkan peran penting dalam hidup kita.
8 aturan emas desain antarmuka
:
§ Upayakan
untuk konsistensi.
§ urutan
tindakan yang konsisten harus diminta dalam situasi yang mirip
§ terminologi identik harus
digunakan pada prompt, menu, dan membantu layar.
§ warna
yang konsisten, tata letak, kapitalisasi,
font, dan sebagainya harus digunakan seluruhnya.
§ Memungkinkan
pengguna sering untuk menggunakan jalan pintas
§ untuk
meningkatkan laju singkatan menggunakan interaksi, tombol khusus, perintah
tersembunyi, dan makro.
§ Penawaran informatif umpan balik
§ untuk
setiap tindakan pengguna, sistem harus merespon dalam beberapa cara (dalam
desain web, hal ini dapat dicapai denganDHTML - misalnya,
tombol akan membuat suara klik atau mengubah warna saat diklik untuk
menampilkan sesuatu yang pengguna telah terjadi).
§ Desain
dialog untuk menghasilkan penutupan.
§ Urutan
tindakan harus diatur ke dalam kelompok dengan awal, tengah, dan akhir. Umpan
balik yang informatif pada penyelesaian sekelompok pengguna tindakan
menunjukkan aktivitas mereka telah selesai dengan sukses. Penawaran kesalahan
pencegahan dan penanganan kesalahan sederhana.
§ desain
bentuk sehingga pengguna tidak dapat membuat kesalahan serius, misalnya, lebih
memilih pilihan menu untuk membentuk mengisi dan tidak mengizinkan karakter
abjad di bidang entri numerik, jika pengguna melakukan kesalahan,
instruksi harus ditulis untuk mendeteksi kesalahan dan menawarkan instruksi
sederhana, konstruktif, dan khusus untuk pemulihan
§ segmen panjang
formulir dan mengirimkan bagian terpisah, sehingga pengguna tidak dikenakan
sanksi karena harus mengisi formulir lagi - tapi pastikan Anda menginformasikan
kepada user bahwa beberapa bagian yang datang
§ Izin
tindakan pemulihan.
§ Pengguna
yang berpengalaman ingin bertanggung jawab. Mengejutkan sistem tindakan, urutan
membosankan data, ketidakmampuan untuk memasukan atau kesulitan dalam
mendapatkan informasi yang diperlukan, dan ketidakmampuan untuk menghasilkan
tindakan yang diinginkan semua membangun kecemasan dan ketidakpuasan.
§ Kurangi
beban memori jangka pendek.
§ Sebuah
studi menunjukkan bahwa manusia terkenal dapat menyimpan hanya 7 buah (plus
atau minus 2) informasi dalam memori jangka pendek mereka. Anda dapat
mengurangi beban memori jangka pendek dengan merancang layar di mana pilihan
yang jelas terlihat, atau menggunakan pull-down menu dan ikon.
Media
antarmuka manusia dan komputer.
§ Media
Tekstual
Adalah ”bentuk sederhana
dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan
kurang menarik”. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk
teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln
§ Media
GUI (Graphical User Interface)
Adalah ”bentuk dialog
atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat
atraktif”. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis
menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan
lain-lain)
Tujuan interaksi manusia
dengan komputer
§ Tujuan
utama disusunnya berbagai cara interaksi manusia & komputer :
untuk mempermudah manusia
dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia
perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem computer. Para perancang
antarmuka manusia dan komputer berharap agar sistem komputer yang dirancangnya
dapat bersifat akrab dan ramah dengan penggunanya (user friendly).
§ Sebagai
contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak
nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan
pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik
sesuatu.
Contoh-contoh diatas
merupakan beberapa hal mengapa kita membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia
dan Komputer.
Kita butuh Interaksi
manusia komputer adalah agar kita lebih cepat dalam menyelesaikan suatu
pekerjaan. serta dapat membuat waktu pengerjaannya lebih cepat dan tidak
membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu pekerjaan.
0 comments:
Posting Komentar